Pengertian Penelitian

Penelitian menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia dan pengertian penelitian dari beberapa ahli serta komponen penelitian itu sendiri.


Dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia, kata penelitian diartikan sebagai pemeriksaan yang teliti atau penyelidikan dan kata penyelidikan diartikan sebagai pemeriksaan atau pengusutan, dan kata menyelidiki berarti memeriksa dengan teliti, mengusut dengan cermat atau menelaah (mempelajari) dengan sungguh-sungguh. Dengan pengertian demikian, maka kata penelitian dan penyelidikan dianggap bersinonim.
Kata penelitian atau penyelidikan tersebut digunakan sebagai padanan kata research dalam bahasa Inggris. Kata research, berasal dari kata “re” yang berarti kembali dan “to search” yang berarti mencari. Dengan demikian, secara harfiah, arti dari research adalah mencari kembali. Terjemahan dari kata research adalah riset.
Penelitian adalah penyaluran rasa ingin tahun manusia terhadap sesuatu/masalah dengan perlakuan tertentu (seperti memeriksa, mengusut, menelaah, dan mempelajari secara cermat, dan sungguh-sungguh) sehingga diperoleh sesuatu (seperti mencapai kebenaran, memperoleh jawaban, pengembangan ilmu pengetahuan, dan sebagainya).
Dari arti penelitian di atas, terliihat bahwa penelitian memiliki beberapa komponen, yaitu sebagai berikut.
1.       Ada rasa ingin tahu dari manusia.
2.       Ada sesuatu/masalah.
3.       Ada proses atau usaha untuk menyelesaikan sesuatu/masalah tersebut.’
4.       Ada hasilnya, seperti mencapai kebenaran.

Berikut ini diberikan beberapa arti penelitian dari beberapa orang penulis/ahli sebagai perbandingan terhadap arti penelitian tersebut diatas.
1.       Menurut kamus Webster’s New International
Penelitian adalah penyelidikan yang hati-hati dan kritis dalam usaha untuk mencari fakta-fakta dan prinsip-prinsip.
2.       Menurut F. L. Whitney
Penelitian adalah suatu proses yang hasilnya merupakan kebenaran.
3.       Menurut T. Hillway
Penelitian adalah suatu metode studi yang dilakukan seseorang melalui penyelidikan yang hati-hati dan sempurna terhadap suatu masalah, sehingga diperoleh pemecahan yang tepat mengenai masalah itu.
4.       Menurut Perasons
Penelitian adalah pencarian atas sesuatu secara sistematis dengan penekanan bahwa pencarian dilakukan terhadap masalah-masalah yang dapat dipecahkan.
5.       Menurut Mubyarto
Penelitian adalah penyaluran naluri ingin tahu manusia dalam taraf keilmuan,
6.       Menurut John
Penelitian adalah suatu pencarian fakta menurut metode obyektif yang jelas untuk menemukan hubungan antarfakta dan menghasilkan dalil atau hukum.
7.       Menurut Marzuki
Penelitian adalah suatu usaha untuk mengumpulkan, mencari, dan menganalisis fakta-fakta mengenai suatu masalah.
8.       Menurut Sugiyono
Penelitian adalah merupakan cara ilmiah untuk mendapatkan dengan tujuan dan kegunaan tertentu.
9.       Menurut Ibnu Subiyanto
Penelitian adalah suatu proses pencarian kebenaran atau pembuktian terhadap fenomena (gejala) yang dihadapi melalui prosedur kerja tertentu.
10.   Menurut J. Supranto
Penelitian adalah suatu keinginan untuk memperoleh data atau informasi yang sangat berguna untuk mengetahui sesuatu, memecahkan masalah, atau untuk mengembangkan ilmu pengetahuan.
11.   Menurut Hermawan Wasito

Penelitian adalah usaha untuk memperoleh fakta atau prinsip cara mengumpulkan dan menganalisis data atau informasi yang dilaksanakan dengan teliti, jelas, dan sistematis serta dapat dipertanggungjawabkan.


(Source: Hasan, I. 2002. Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian & Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia. hlm. 9-10.)
× 『rui@96yR』【butterflyuu】 ×
増原 紀花

Komentar