Ciri-Ciri Pribadi Seorang Konselor yang Efektif


Ciri-Ciri Pribadi Seorang Konselor yang Efektif
Kecenderungan yang ada sekarang adalah penekanan pada hal yang dipercaya oleh konselor dan perilaku si konselor. Banyak literatur pendidikan konseling yang memberi tekanan pada kemampuan terapis untuk bisa melihat, memahami, dan menerima keberadaan diri mereka dan diri orang lain. Kualitas hubungan antara klien dan konselorlah yang mapaknya paling bisa menciptakan pertumbuhan hubungan antar keduanya.


Dalam rangkuman 13 kajian dalam lima profesi pemberian pertolongan, Combs (1986) melihat adanya perbedaan yang jelas antara ciri-ciri penolong yang efektif dan yang tidak efektif. Yang ternyata menjadi ciri perbedaan itu adalah hal yang dipercaya penolong tentang empati, diri, naluri manusia, dan tujuan-tujuan si penolong itu sendiri. Menurut Comb kajian itu menyiratkan bahwa keyakinan-keyakinan berikut ini ada kaitannya dengan sukses, yaitu: konselor yang efektif terutama menaruh perhatian pada wajah dunia ini yang nampak dari sisi yang menguntungkan di mata kliennya. Ia memandang positif pada diri manusia, menaruh kepercayaan pada mereka, menganggap mereka semua mampu, bisa dipegang kata-katanya dan ramah. Para konselor yang sukses mempunyai pandangan positif terhadap diri mereka sendiri dan mempercayai kemampuan mereka. Sebagai konselor, intervensi yang mereka lakukan didasarkan pada nilainya.




(Source: Corey, Gerald. 1991. Teori dan Praktek dari Konseling dan Psikoterapi. California: Brooks/Cole Publishing Company.)

× 『rui@96yR』【butterflyuu】 ×


Komentar