Mitologi Yunani: Eros dan Psyche


Pada postingan kali ini saya akan menshare secara singkat mitologi Yunani antara Eros & Psyche. Psyche adalah anak perempuan termuda dan tercantik seorang Raja Yunani.



Dalam mitologi Yunani, Psyche merupakan seorang perempuan biasa yang dijadikan abadi oleh Zeus. Karena Psyche, penduduk lokal mulai mengabaikan menyembah Dewi Aphrodite, dan lebih memilih untuk mengerumuni Psyche setiap saat ia tampil di tempat umum. Meskipun Psyche mencoba untuk menghindar dari sanjungan itu, Aphrodite tetap marah dan memutuskan untuk menghukum Psyche.

Sang raja, saat berkonsultasi dengan seorang peramal di Delphi, diberitahu bahwa ia harus mengorbankan anak gadisnya itu di tebing gunung, tempat anak tersebut akan dimakan oleh suatu monster. Jika tidak, kerajaannya akan kacau balau. Sang raja melakukannya. Sementara itu, Eros, putra Aphrodite, jatuh cinta kepada Psyche. Ia memerintahkan sang Angin Barat, Zephyrus, untuk mengangkat Psyche dari tebing gunung dan membawanya ke sebuah istana yang indah di suatu lembah.

Di istana tersebut, semua kebutuhan Psyche dipenuhi oleh tangan-tangan yang tak terlihat. Saat malam, Psyche ditemani di atas tempat tidurnya yang nyaman oleh seorang kekasih misterius. Ia memerintahkan Psyche agar tidak melihat wajahnya, dengan ancaman suatu peristiwa yang buruk akan terjadi dan ia tidak akan datang menemui Psyche lagi jika melihatnya. Sosok ini tentu saja adalah Eros yang terpikat oleh sikap halus dan kecantikan Psyche, telah melanggar perintah Aphrodite untuk menghukum Psyche.

Setelah sekian lama di istana, Psyche mendengar tangisan saudarinya dari kejauhan yang sedang meratapi dirinya yang hilang. Psyche lalu berjalan ke tepi gunung dan membawa mereka ke istananya. Saudarinya sangat iri terhadap istana megah serta kekasih Psyche yang tak kelihatan itu. Mereka mendorong Psyche untuk melihat wajah sang pria misterius dengan menyatakan bahwa pria itu pasti adalah monster sehingga menyembunyikan wajahnya.

Psyche akhirnya terbujuk oleh godaan saudarinya ia kemudian menyalakan sebuah lampu minyak. Ternyata ia menemukan Eros yang tampan di sampingnya. Eros memarahi Psyche atas ketidakpercayaannya lalu menghilang. Psyche menjadi amat sedih dan berusaha beberapa kali bunuh diri, tetapi selalu diselamatkan oleh penjagaan Eros yang gaib itu.

Pencarian Psyche akhirnya membawanya ke istana Aphrodite yang karena masih cemburu, memberinya beberapa tugas dengan harapan ia akan gagal memnuhinya. Namun demikian, Psyche bisa mengatasi semua cobaan itu (biasanya dengan dibantu oleh beberapa makhluk yang merasa simpati padanya). Akhirnya ia dapat bersatu dengan Eros dan dijadikan kekal dengan bantuan Zeus, raja para dewa-dewi.


(Source: Puri Basant K., Laking Paul J., Treasaden Ian H. Buku Ajar Psikiatri Edisi 2. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC, 2008.)
× 『rui@96yR』【butterflyuu】 ×

Komentar