Strategi Epistemologis bagi Pengembangan Indigenous Psychology | Metode Cross-Indigenous




Enriquez (1977, 1993) memisahkan strategi penelitian indigenous menjadi indigenization from within dan indigenization from without.


Pendekatan indigenization from without sangat mirip dengan pendekatan imposed etic. Pendekatan ini menganjurkan untuk mengimpor pengetahuan psikologi (Barat) dari budaya-budaya sumber yang dominan untuk menginterpretasikan data yang diperoleh dari budaya target di dunia ketiga. Enriquez sangat menentang pendekatan ini.

   Alih-alih, ia menganjurkan indigenization from within yang menggunakan “bahasa dan budaya lokal sebagai sumber untuk teori, metode, dan praksis” (Enriquez, 1993, hlm. 163). Untuk meningkatkan daya generalisasi temuan-temuan penelitian di bidang indigenous psychology, ia mengusulkan sebuah metode cross-indigenous, yang berharap akan memperluas database untuk membangun sebuah psikologi global.

   Fokus wacana Enriquez (1977, 1993) adalah bahasa dan budaya. Metode cross-indigenization-nya rentan terhadap dilema pendekatan induktif jika mampu menghasilkan sebuah teori psikologi substansial dengan daya generalisasi yang lebih tinggi ke budaya-budaya yang berbeda. Meskipun diharapkan bahwa “dengan pendekatan cross-indigenous, bukan hanya regularitas-regularitas universal yang akan ditemukan, tetapi juga total rentang fenomenon yang diinvestigasi juga akan ditingkatkan” (Kim & Berry, 1993, hlm. 11), namun masih ada beberapa keraguan tentang “seberapa jauh sebuah integrasi pengetahuan yang didapatkan dalam budaya-budaya kultural yang berbeda yang benar-benar (dapat) direalisasikan” (Poortinga, 1997, hlm. 361). Bahkan, Enriquez (1993) sendiri mengakui “psikologi lintas-budaya masih merupakan sebuah janji selama indigenous psychologies masih belum banyak berkembang akibat berbagai kendala bahasa dan budaya” (hlm. 154).

(Source: Ed. Kim, Uichol., Yang, Kuo-Shu., & Hwang, Kwang-Kuo. 2010 . Indigenous and Cultural Psychology. terj. Soetjipto, Helly P., & Soetjipto, Sri M. Yogyakarta: Penerbit PUSTAKA PELAJAR. hlm. 132-133)
× 『rui@96yR』【butterflyuu】 ×

Komentar