Studi Organisasi - Pendahuluan

Artikel di bawah ini akan mengulas tentang pengertian Perilaku Organisasi.

               Organisasi adalah wadah yang memungkinkan masyarakat dapat meraih hasil yang sebelumnya tidak dapat dicapai oleh individu secara sendiri-sendiri. Suatu organisasi adalah suatu unit terkoordinasi terdiri setidaknya dua orang berfungsi mencapai satu sasaran tertentu atau serangkaian sasaran. Perilaku organisasi merupakan bidang studi yang mencakup teori, metode, dan prinsip-prinsip dari berbagai disiplin guna mempelajari persepsi individu, nilai-nilai, kapasitas pembelajar individu, dan tindakan-tindakan saat bekerja dalam kelompok dan di dalam oganisasi secara keseluruhan; menganalisis akibat lingkungan eksternal terhadap organisasi dan sumber dayanya, misi, sasaran dan strategi.


                Lingkup ilmu pengetahuan perilaku – terutama psikologi, sosiologi dan antropologi budaya – telah memberikan kerangka dasar dan prinsip-prinsip pada bidang perilaku organisasi. Masing-masing disiplin ilmu pengetahuan mempunyai fokus yang berbeda-beda. Definisi perilaku organisasi yang multidisiplin ini menggambarkan sejumlah hal. Pertama, PO (perilaku organisasi) adalah cara berpikir. Pendekatan ini menyarankan apabila mempelajari PO, maka harus diidentifikasi dengan jelas tingkat analisisnya apakah individu, kelompok dan/atau organisasi yang digunakan. Kedua, PO adalah multidisiplin yang menggunakan prinsip, model, teori, dan metode-metode dari disiplin lain. Ketiga, terdapat suatu orientasi kemanusiaan yang jelas dalam perilaku organisasi. Manusia dan perilaku mereka, persepsi, kapasitas pembelajar, perasaan dan sasaran merupakan hal penting bagi perusahaan. Keempat, PO berorientasi pada kinerja. Kelima, lingkungan eksternal terlihat memberikan dampak signifikan terhadap perilaku organisasi. Keenam, karena bidang PO sangat tergantung dari disiplin yang dikenal, metode ilmiah menjadi penting dalam mempelajari variabel dan keterkaitan.


(Source: James L. Gibson, John M. Ivancevich, James H. Donnelly, Jr. Organisasi: Perilaku – Struktur – Proses.Binarupa Aksara: Jakarta. 1996. Jilid satu. Edisi ke delapan)
× 『rui@96yR』【butterflyuu】 ×

Komentar