Makna Perbedaan-Perbedaan Individu dalam Industri


   Para pimpinan perusahaan dan mandor sangat menyadari adanya perbedaan prestasi kerja karyawan yang di bawah pengawasannya. Walaupun karyawan-karyawan bekerja pada mesin-mesin yang sama namun produktivitas mereka tidaklah sama. Posting ini akan lebih lanjut membahas mengenai Perbedaan-perbedaan individu dalam industri.



   Suatu pekerjaan mungkin akan dikerjakan degan sangat baik oleh karyawan X tetapi dilakukan dengan kurang baik oleh karyawan Y. Demikian pula pekerjaan mungkin akan memberikan kepuasan kerja yang tinggi bagi karyawan X, tetapi merupakan sumber ketidak puasan bagi karyawan lainnya. Perbedaan di dalam prestasi kerja ini disebabkan oleh adanya perbedaan di dalam cirri-ciri personil individu. Perbedaan ini meliputi: bakat, intelegensi, bentuk badan, pendidikan, interest, motivasi, kepribadian, pengetahuan mengenai pekerjaan dan lain-lain.

                Industri-industi modern sadar akan pentingnya untuk menetapkan pekerjaan sesuai dengan orangnya, yang tidak hanya baik dalam melaksanakan pekerjaan sesuai dengan orangnya, tetapi juga dapat menyesuaikan diri terhadap pekerjaannya. Bila suatu pekerjaan terlalu sukar, latihan yang diberikan tidak memadai hal ini dapat mengecewakan karyawan dan akibatnya menurunkan produksi. Bila pekerjaan memerlukan kapasitas yang tidak dimiliki, karyawan akan merasa gagal, sedang bila pekerjaannya hanya membutuhkan sebagian keciil kemampuannya, dia akan mencari jalan lain penambah pengalamannya atau pengisi waktu, mungkin berupa lamunan, sikap kritis atau gangguan mental.

                Faktor yang merupakan sumber perbedaan individu di dalam bekerja meliputi faktor fisik dan faktor psikis. Secara garis besar faktor yang menimbulkan perbedaan individu dalam segi fisiknya ialah:
(a)    Bentuk tubuh dan komposisinya
(b)   Taraf kesehatan fisik pada umumnya
(c)    Kemampuan panca inderanya

Adapun perbedaan individu berdasarkan faktor psikis ialah:
(a)    Inteligensi
(b)   Bakat
(c)    Minat
(d)   Kepribadian
(e)   Motivasi
(f)     Edukasi


  Source: As’ad, M.: Psikologi Industri. Percetakan Liberty, Yogyakarta. 1978
× 『rui@96yR』【butterflyuu】 ×

Komentar