Makna & Manfaat CSR


Definisi dari Corporate Social Responsibility (CSR) itu sendiri telah dikemukakan oleh banyak pakar.

“A business acts in a socially responsible manner when its decisions and actions account for and balance diverse stakeholder interest.” –Maignan & Ferrel, 2004

“Essentially a concept whereby companies decide voluntarily to contribute to better society and a cleaner environment.” –The European Commisions

“Profit, People, Planet.” –The Concept of the Triple Bottom Line (John Elkington, 1997)


Dalam pengaplikasiannya yang sudah mulai gencar dan kontinu yang dilakukan di Indonesia, setelah sebelumnya mendapatkan pro & kontra. CSR sendiri mempunyai banyak manfaat bagi perusahaan yang menjalankannya.

Menurut definisi yang dikemukakan oleh THE JAKARTA CONSULTING GROUP, tanggung jawab sosial ini diarahkan baik ke dalam (internal) maupun ke luar (eksternal) perusahaan. Ke dalam berarti para pemegang saham yang mengharapkan profitabilitas yang optimal serta pertumbuhan perusahaan sehingga kesejahteraan masa depan akan mengalami peningkatan. Selain itu pula diarahkan pada karyawan yang bekerja keras, berkontribusi, dan berkorban untuk aktivitas perusahaan. Ke luar, tanggung jawab sosial ini berkaitan dengan peran perusahaan sebagai pembayar pajak dan penyedia lapangan kerja, meningkatkan kesejahteraan dan kompetensi masyarakat, serta memelihara lingkungan bagi kepentingan generasi mendatang. Perusahaan juga bertanggung jawab untuk berpartisipasi dalam usaha guna meningkatkan kesejahteraan dan kompetensi masyarakat, serta pemeliharaan kualitas lingkungan tempat perusahaan beroperasi.

Internal Responsibilities; Towards shareholders in terms of profit and growth; towards employee in terms of employment and career challenges which are mutually beneficial.
External Responsibilities; Company as tax prayer and quality-job provider; increasing welfare and competence of the society (in company related and non-related area); preserving the environment for future generation.



 Sasaran CSR





Dari sisi perusahaan terdapat berbagai manfaat yang dapat diperoleh dari aktivitas CSR.
Pertama, mengurangi resiko dan tuduhan terhadap perlakuan tidak pantas yang diterima perusahaan. Perusahaan yang menjalankan tanggung jawab sosialnya secara konsisten akan mendapatkan dukungan luas dari komunitas yang telah merasakan manfaat dari berbagai aktivitas yang dijalankannya. CSR akan mendongkrak citra perusahaan, yang dalam rentang waktu panjang akan meningkatkan reputasi perusahaan. Manakala terdapat pihak-pihak tertentu yang menuduh perusahaan menjalankan perilaku serta praktik-praktik yang tidak pantas, masyarakat akan menunjukkan pembelaannya. Karyawan pun akan berdiri di belakang perusahaan, membela institusi tempat mereka bekerja.
Kedua, CSR dapat berfungsi sebagai pelindung dan membantu perusahaan meminimalkan dampak buruk yang diakibatkan suatu krisis. Demikian pula ketika perusahaan diterpa kabar miring atau bahkan ketika perusahaan melakukan kesalahan, masyarakat lebih mudah memahami dan memaafkannya.
Ketiga, keterlibatan dan kebanggaan karyawan. Karyawan akan merasa bangga bekerja pada perusahaan yang memiliki reputasi yang baik, yang secara konsisten melakukan upaya-upaya untuk membantu meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat dan lingkungan sekitarnya. Kebanggaan ini akhirnya akan menghasilkan loyalitas, sehingga mereka merasa lebih termotivasi untuk bekerja lebih keras demi kemajuan perusahaan. Hal ini akan berujung pada peningkatan kinerja dan produktivitas.
Keempat, CSR yang dilaksanakan secara konsisten akan mampu memperbaiki dan mempererat hubungan antara perusahaan dengan para stakeholder-nya. Pelaksanaan CSR secara konsisten menunjukkan bahwa perusahaan memiliki kepedulian terhadap pihak-pihak yang selama ini berkontribusi terhadap lancarnya berbagai aktivitas serta kmajuan yang mereka raih. Hal ini mengakibatkan para stakeholder senang dan merasa nyaman dalam menjalin hubungan dengan perusahaan.
Kelima, meningkatnya penjualan seperti terungkap dalam riset Roper Search Worldwide, yaitu bahwa konsumen akan lebih menyukai produk-produk yang dihasilkan oleh perusahaan yang konsisten menjalankan tanggung jawab sosialnya sehingga memiliki reputasi yang baik.
Dan keenam, insentif-insentif lainnya seperti insentif pajak dan berbagai perlakukan khusus lainnya. Hal ini perlu dipikirkan guna mendorong perusahaan agar lebih giat lagi menjalankan tanggung jawab sosialnya.


Manfaat CSR









(Source: Susanto, A. B. 2009. Reputation-Driven Corporate Social Responsibility: Pendekatan Strategic Management dalam CSR. Esensi Erlangga Group. Hal 10-16)
× 『rui@96yR』【butterflyuu】 ×

増原 紀花





Komentar